LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
SERVICE
BLOK CVT
DI
BENGKEL
YUSTI MOTOR
Diajukan sebagai bukti telah melaksanakan Praktek
Kerja Industri dan sebagai salah satu syarat mengikuti uji kompetensi dan ujian
nasional berbasis computer
Disusun oleh
Nama : Roni sianturi
NISN :
0009566042
SMK PENA NUGRAHA INDONESIA
Jalan Perkebunan
maswati Desa Kanangasari Kec. Ciklaongwetan
E-Mail :smk.penanugrahaindonesia@rocketmail.com
2018
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan
praktek kerja industry ini disetujui dan di sahkan oleh kepala program otomotif
dan walikelas
Kaprog Otomotif wali kelas
Aep Multoni S.Pd Yani Nurani S.Sos
HALAMAN PENGESAHAN PERUSAHAAN
Laporan praktek
kerja industri ini disetujui dan di sahkan oleh
pembimbing dan
pimpinan bengkel
Pembimbing Pimpinan Bengkel
Wahyu Dudeng
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
serta hidayah Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan hasil pelaksanaan
prakerin yang telah penulis laksanakan pada dunia usaha kurang lebih tiga
bulan.Adapun penyusunan laporan prakerin ini di maksudkan untuk memenuhi salah
satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional berbasis computer di SMK Pena
Nugraha Indonesia.
Didalam
pelaksanaan maupun penyusunan laporan kegiatan prakerin penulis telah banyak
melibatkan berbagai pihak selain itu penulis juga mendapat bantuan bimbingan
dan pengarahan sehingga penulis dapat mencapai kesuksesan. Oleh karena itu
dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak–pihak
tersebut di antaranya :
1. Bapak dan Ibu selaku orang tua penulis
yang telah membantu baik materi maupun spiritual dalam penyusunan laporan
prakerin.
2. Bapak Andi Nugraha S.Pd MM, selaku
kepala sekolah SMK Pena Nugraha Indonesia yang telah menyelenggarakan prakerin
ini
3. Bapak Dedi Supriadi, selaku pemilik
bengkel yang telah memberi izin dan tempat kepada penulis untuk melaksanakan
kegiatan prakerin.
4. Bapak Entis Sutisna S.Pd, dan Ibu Imas
Siti Masitoh S.Pd, selaku guru bimbingan yang telah memberikan bantuan,
bimbingan dan pengarahan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan prakerin.
5. Segenap karyawan yusti motor.
6. Bapak dan Ibu guru SMK Pena Nugraha
Indonesia
7.
Teman-teman dan semua
pihak yang telah membantu penulisan dan penyusunan laporan prakerin
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, hal ini di karenakan
keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan yang penulis miliki. Oleh
karena itu penulis harapkan adanya saran dan kritik yang bersifat membangun
demi kesempurnaan perbaikan di masa yang akan dating.
Kanangasari, 20 April 2018
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
.
A.
Latar Belakang PRAKERIN
Tugas utama SUB system pendidikan
menengah kejuruan adalah menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah sesuai
dengan tuntutan perkembangan ketenaga kerjaan dan kebutuhan pembangunan.
Penyiapan tenaga kerja profesional
tidak cukup hanya mengandalkan program pendidikan sekolah,tetapi harus
terintegrasi dengan program peningkatan keahlian kerja dan internalisasi sistem
nilai yang ada di lapangan kerja.
Upaya peningkatan keahlian kearah
profesional yang di maksud adalah agar para siswa memiliki bekal pengetahuan
,keterampilan dan etos kerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan
lapangan kerja.Oleh karena itu setiap siswa harus melaksanakan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) .
Demi kelancaran PRAKERIN maka di
perlukan perangkat yang dapat memberikan informasi tentang pelaksanaannya,
peringkat yang di maksud adalah pedoman Praktek Kerja Industri.
B. Tujuan Pelaksanaan
Praktek Kerja Industri
Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) adalah kegiatan siswa dalam rangka penguasaan keahlian kejuruan yang
dilakukan di lapangan kerja/industri.
1. Meningkatkan keahlian professional
siswa yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/industri.
2. Agar siswa memiliki etos kerja
tinggi yang meliputi : Kemampuan motivasi kerja kreativatas,hasil kerja yang
berkualitas,disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.
3. Mengetahui dan memehami dunia
usaha/industry dengan segala kegiatan.
4. Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian yang berkualitas sesuai tuntutan lapangan kerja .
5. Mengetahui dan memahami dunia
industri/usaha dengan segala kegiatan ,hasil kerja yang berkualitas ,disiplin
waktu dan kerajinan dalam bekerja
C.
Manfaat
1. Bagi Siswa
a. Dapat menambah pengalaman kerja
didalam dunia usaha.
b. Agar siswa mempunyai wawasan yang
lebih luas tentang duniakerja nyata.
c. Memupuk kesiapan mental sebelum
memasuki dunia kerja.
2.
Bagi sekolah
a. Menambah tanggungjawab, disiplin,
terampil, dan wawasan siswa
b. Terjadi hubungan baik antara
instansi DU/DI dengan pihak sekolah.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A.
Sejarah bengkel yusti motor
`Bengkel yusti motor merupakan salah
satu bengkel yang berada si daerah kecamatan cipeundeuy yang bergerak di bidang
jasa perbaikan/service kendaraan bermotor khususnya sepeda motor, selain
melakukan service kendaraan bermotor yusti motor juga menjual onderdeal
kendaraan bermotor. Bengkel yang berdiri sejak tahun 2015 ini dimiliki oleh
bapak dudeng yang terletak di kecamatan cipeundeuy.
B.
struktur
organisasi bengkel yusti motor
gambar 2.1
struktur organisasi yusti motor
C.
kedudukan
dan letak bengkel yusti motor
Lokasi bengkel yusti motor merupakan
salah satu tempat yang strategis untuk pendirian sebuah usaha di bidang
otomotif khususnya untuk service kendaraan bermotor karena berada di lokasi
dengan warga yang memiliki kendaraan cukup banyak dan berada dekat dengan pusat
keramaian.
D.
prosedur
pelayanan bengkel yusti motor
prosedur pelayanan yang di terapkan di
bengkel yusti motor merupakan pelayanan service dan penggantian spare part
kendaraan yang dapat di saksikan langsung oleh pelanggan bengkel yusti motor
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Waktu dan tempat pelaksanaan prakerin
Waktu dan tempat dilaksanakan nya
prakerin yaitu selama kurang lebih tiga (3) bulan tepatnya dari tanggal 2
januari 2018 sampai dengan 23 maret 2018 yang bertempat di bengkal yusti motor
yang berada di daerah kecamatan cipeundeuy.
B.
Pengertian
CVT
adalah kepanjangan dari Continuos Variable Transmission, yaitu
system perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin,
mesin ini tidak memakai gigi transmisi, tapi sebagai gantinya menggunakan dua
buah pulley (depan dan belakang) yang dihubungkan dengan sabuk (v-belt).
Cara
kerja dari mesin matic atau CVT (Continuous Varible Transmission) pada
sepeda motor. Ternyata lebih sederhana dari mesin konvensional atau mesin
bertransmisi.
Semua
komponen CVT terdapat pada box CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah
lengan ayun sebelah kiri motor matic kita, yang terlihat begitu besar dan
berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly
belakang(Driven Pulley) dan v-belt.depan dihubungkan ke crankshaft
engine(kruk-as), sedangkan puly belakang dihubungkan ke as-roda. Yang
menghubungkan puly depan dan puly belakang adalah v-belt.
Pada
saat stationer atau putaran rendah, puly depan memiliki radius yang kecil dibandingkan
dengan puly belakang atau rasio gigi ringan. Seiring dengan bertambahnya
putaran mesin (rpm), maka puly depan radiusnya juga ikut membesar sedangkan
puly belakang justru mengecil atau sama dengan rasio gigi berat. Untuk kerja
v-belt hanya menghubungkan kedua puly tersebut agar dapat berjalan secara
bergantian. Jadi saat puly depan membesar maka yang menyebabkan puly belakang
mengecil adalah karena desakan dari v-belt, karena panjang v-belt selalu sama
pada proses ini.
Karena
kerja CVT yang linear, maka mesin matic dapat menghasilkan akselerasi yang
halus tanpa adanya kehilangan tenaga.
C.
Sistem Cara Kerja
Rangkaian CVT Pada Sepeda Motor Matic
Sepeda motor matic adalah sepeda motor yang menggunakan
transmisi CVT, banyak pengguna yang meyukainya karena kemudahannya.. Berbeda
dengan motor sport atau motor bebek yang masih menggunakan sistem tranmisi
manual dan pemindahan gigi.
Sistem CVT ini
mengacu pada gaya sentrifugal dari putaran stasioner sampai putaran tinggi...
Pada putaran stasioner atau langsam, putaran dari crankshaft diteruskan ke
pulley primer, kemudian putaran diteruskan ke pulley sekunder yang dihubungkan
oleh V-belt.... Selanjutnya putaran dari pulley sekunder diteruskan ke kopling
sentrifugal.
Pada putaran stasioner kopling sentrifugal belum bisa
bekerja karena gaya tarik per kopling masih lebih kuat daripada gaya
sentrifugal, sehingga sepatu kopling belum menyentuh rumah kopling dan rear
wheel ( roda belakang ) tidak berputar.... Pada saat putaran mesin mulai
meninggi, maka terjadi gaya sentrifugal yang lebih kuat dari gaya tarik per
kopling. Pada putaran yang tinggi, sepatu kopling akan terlempar keluar dan
mengopel rumah kopling.
Pada putaran bawah posisi V-belt pada bagian pulley primer
diameternya masih mengecil sedangkan bagian pulley sekunder, diameter V-belt
masih membesar.. Sedangkan di pada putaran menengah, diameter V-belt kedua
pulley berada pada posisi balance ( sama besar )...
Pergerakan ini terjadi akibat gaya sentrifugal pada berat
roller yang terdapat pada pulley primer... Saat pulley primer berputar semakin
tinggi maka akan terjadi gaya sentrifugal yang membuat roller terlepar dan
mendorong sliding sheave ke arah fixed sheave.... Sehingga akan terjadi tekanan
pada sliding sheave mengakibatkan V-belt bergeser ke arah lingkaran luar atau
membesar dan menarik V-belt pada pulley sekunder ke arah lingkaran dalam atau
mengecil.
Pada sitem penggerak CVT ini komponen yang perlu di
perhatikaan adalah roller. Berat roller sangat berpengaruh pada pergerakan
vbelt... Jika roller sudah aus atau peyang maka akan timbul suara kasar, saat
berakselerasi timbul suara seperti mendengung
Proses
kerja CVT dapat menyesuaikan kondisi pengendaraan dengan putaran mesin agar
diperoleh kinerja mesin yang seimbang antara output mesin dengan penggunaan
bahan bakar yang ekonomis.
1.
Teknologi CVT mudah dioperasikan. Pengendara tidak perlu
melakukan perpindahan posisi gigi percepatan, cukup dengan menyalakan mesin,
kemudian naikkan putaran mesin dengan memutar handel gas dan sepeda motor akan
mulai berjalan.
2.
Pengendara tidak perlu mengatur posisi gigi percepatan yang
menyulitkan, yang perlu dilakukan hanya mengatur putaran mesin agar output
mesin sesuai dengan kebutuhan.
3.
Untuk menghentikan saat laju kenderaan, cukup dengan
menurunkan putaran mesin dan bila diperlukan mengoperasikan handel rem agar
kenderaan berhenti, tidak perlu memindahkan tuas transmisi atau menurunkan
posisi gigi kecepatan rendah.
4.
Perpindahan rasio transmisi yang terjadi secara otomatis dan
terus menerus seiring dengan kondisi pengendaraan.
5.
Meminimalisir kemungkinan terjadinya salah over gigi (miss
gear), terutama bagi pengendara yang belum berpengalaman.
6.
Sepeda motor CVT juga memberikan kenyaman bagi pengendara
karena saat proses perpindahan rasio transmisi yang berlangsung secara terus
menerus dapat mengurangi efek terjadinya hentakan pada tenaga masin.
E.
Konstruksi CVT
Konstruksi
dasar CVT berbasis puli pariable yang bekerja secara mekanis terdiri atas 3
komponen utama yaitu :
1.
Sabuk (V Belt) dari bahan karet
2.
Puli primer (drive pulley)
3.
Puli skunder (driven pulley)
F.
Sumber Keruskan PAda CVT
Ada banyak sumber-sumber
kerusakan pada sistem CVT.
1.
Kebiasaan buruk pengendara
membuka handle
gas secara spontan, stop
& go! Kebiasaan ini sungguh sangat menyiksa kinerja buka-tutup pulley,
gesekan belt, dan roller indikasi kerusakan ini adalah,
ketika motor dari keadaan diam kemudian berakselerasi maka
terdengar suara kasar dangerakan roda belakang tersendat bergetar,
hal itu dikarenakan roller aus bentuknya sudah tidak bulat.
2.
Tidak pernah melakukan perawatan rutin pada sistem
CVT
Perlu diperhatikan bahwa cvt wajib dilakukan perawatan (
cleaning & greasing),
sistem cvt merupakan transmis kering &
tidak tertutup, oleh karenanya kotoran, debu, bahkan air bisa masuk (jika kebanjiran)
3. Motor matic yang
terendam banjir
Jika motor
matic anda pernah terendam banjir, segera lakukan perawatan CVT
di bengkel / bongkar CVT dan cleaning semua part
yg terendam air untuk menghindari korosi, dan greasing/ pemberian stem
vet yg baru pada saft2 pulley , cek juga seal2 pulley apakah ada yang
bocor, karena seal
ini sangat penting peranannya menjaga grease
tetap melumasi saft dalam pulley, jika seal
bocor maka saft kering dan terancam korosi atau bahkan aus/
patah, biasanya komponen yang
terserang adalah saft aus, sheeave / selubung saft retak /
berlubang dan slot untuk roller / ball coak,
jika sudah seperti ini maka gerakan pulley
akan goyang dan pulley
bekerja ekstra berat ubtuk mengembang, ujungnya penurunan kinerja cvt &
ongkos perbaikan dan penggantian part yang mahal alangkah baiknya hindari genangan air
yang dalam saat anda mengendarai motor matic.
4. Umur belt yang sudah tua
Merupakan faktor penyebab menurunnya kinerja tranmisi matic,
lakukan penggantian belt
setidaknya setiap 25000km, atau lihat kondisi fisik permukaan belt,
karena jika sudah longgar, aus, atau retak akan membahayakan
pengendara jika sewaktu-waktu putus di jalan.
5. Selalu cek dan
ganti secara periodik oli tranmisi gear reduksi
Oli gardan,
pada umumnya matic ber cc kecil di indonesia kapasitas oli
gardan = 100 cm3 / 0,1 liter jangan sampai kehabisan oli karena akan
merusan gear reduksi, dan kehancuran lah yang
bakal juragan alami
G.
laporan kegiatan harian (Terlampir)
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan
hasil Analisis Kami dan berdasarkan sunber yang kami dapatkan selama membuat
makalah ini bahwa dapat di simpulkan :
CVT
adalah kepanjangan dari Continuos Variable Transmission, yaitu
system perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin,
mesin ini tidak memakai gigi transmisi, tapi sebagai gantinya menggunakan dua
buah pulley (depan dan belakang) yang dihubungkan dengan sabuk (v-belt).
Cara
kerja dari mesin matic atau CVT (Continuous Varible Transmission) pada
sepeda motor. Ternyata lebih sederhana dari mesin konvensional atau mesin
bertransmisi.
B.
Saran
Adapun
saran-saran yang ingin Kami sampaikan sebagai berikut :
2.
Ganti Belt yang sudah tua
3.
Selalu cek dang anti secara periodic oli transmisi gear
reduksinya
4.
Rawat selalu mesin dengan baik dan teratur
DAFTAR PUSTAKA
https://www.academia.edu/7390179/LAPORAN_PRAKTEK_KERJA_INDUSTRI_PRAKERIN
How to make money from online sports betting
ReplyDeleteWhat you need to know: deccasino Make money betting online with online sportsbooks. Sports betting is one of the งานออนไลน์ most profitable 1xbet ways to make money in